20210126 075805 0000

Pengertian Sistem, Informasi, dan Sistem Informasi Menurut Para Ahli

Diposting pada 37 views

Sobat AirMod! Sedang mengerjakan laporan atau skripsi di bab landasan teori namun terkendala kurang referensi? Tenang, disini kami ulas beberapa pendapat tentang pengertian sistem, Informasi, dan Sistem Informasi menurut para ahli

Pengertian Sistem Menurut para Ahli

pengertian sistem

berikut pengertian sistem menurut beberapa ahli yang bisa menjadi bahan referensi :

1. Salisbury

Sistem merupakan sekelompok komponen atau bagian yang bekerja sama sebagai satu kesatuan fungsi.

2. James Havery

Sistem suatu sistem yang rasional dan logis, yang berguna untuk merancang atau melakukan suatu rangkaian komponen yang saling berkaitanan satu sama lainnya.

3. John Mc. Manama

Sistem sebuah struktur konseptual yang tersusun dari berbagai fungsi yang saling berkaitan dan bekerja sebagai satu kesatuan dalam mencapai hasil yang diharapkan dengan efektif & efisien.

4. Henry Prat Fairchild & Eric Kohler

Mereka mengemukakan sistem sebagai sebuah rangkaian yang saling terkait antar beberapa bagian dari yang, jika suatu bagian / sub bagian tidak terganggu, maka bagian yang lainnya akan ikut merasakan ketergangguan tersebut.

5. Indrajid

Sistem mengandung arti beberapa kumpulan dari berbagai komponen yang dimiliki, keterkaitan atau keterikatan antara satu dengan yang lainnya.

6. Umar Fahmi Achmadi

Sistem yaitu suatu tatanan yang mendeskripsikan adanya rangkaian komponen-komponen yang saling berhubungan dengan tujuan yang sama secara seimbang dan serasi serta terkoordinasi dan terus berjalan dalam jangka waktu yang terencana.

7. Ackof

Sistem merupakan suatu kesatuan kesatuan / fisik yang terdiri dari beberapa bagian dalam saling ketergantungan satu dengan yang lainnya.

8. Musanef

Mengatakan sistem sebagai suatu sarana yang menguasai pekerjaan & keadaan agar mampu menjalankan tugas dengan teratur.

9. Jogianto

Sistem pemasangan kumpulan dari beberapa elemen yang dapat diandalkan untuk tercapainya suatu tujuan tertentu.

10. Poerwadarminta

Sistem sekelompok bagian-bagian yang berupa alat dan lain sebagainya, yang berkerja sama untuk melaksanakan tujuan tertentu.

11. Zulkufli AM

Sistem himpunan suatu benda yang nyata maupun abstrak (sekumpulan benda) yang terdiri atas berbagai komponen yang berhubungan, saling bergantung, saling mendukung, secara total bersatu dalam satu kesatuan untuk mencapai tujuan secara efektif.

12. Mulyadi

Sistem pada hakikatnya sekelompok sekelompok unsur yang erat kaitannya antara satu dengan yang lainnya, yang sama-sama berfungsi dalam mencapai tujuan.

13. Murdick, R. G

Sistem adalah seperangkat elemen-elemen yang membentuk suatu kumpulan dari berbagai prosedur atau berbagai bagan pengolahan untuk mencari sebuah tujuan bersama dengan cara mengoperasikan data atau barang untuk menghasilkan suatu informasi, energi maupun barang.

14. Pamudji

Sistem adalah suatu kebulatan yang kompleks dan terorganisir, yang mana suatu perpaduan dari bagian-bagian itu membentuk suatu kebulatan yang utuh.

15. Bertalanffy

Sistem adalah sekumpulan komponen yang saling melengkapi satu sama lain dan bekerja sama agar mencapai tujuan yang sama.

16. JC Hinggins

Sistem ialah seperangkat bagian yang saling berkoneksi atau berhubungan.

17. Anatol Raporot

Sistem merupakankumpulan kesatuan & suatu perangkat hubungan antara satu dengan yang lain.

18. Koentjaraningrat

Sistem susunan yang berfungsi & bergerak.

19. Robert Allen dan Mark Victor Hansen

Sistem merupakan sebuah prosedur yang terorganisir & mapan yang bisa membuahkan hasil.

20. Lengkap Webster

Sistem ini adalah beberapa elemen yang saling berkoneksi membentuk satu kesatuan atau sebuah organisasi.

21. Andri Kristanto

Sistem suatu jaringan kerja dari sebuah prosedur yang saling berhubungan, berkumpul bersama untuk melakukan kegiatan atau menyelesaikan suatu kegiatan tertentu.

22. Pilecki

Sistem merupakan sekumpulan objek & objek itu dibuat dengan atributnya. Sistem bisa juga diartikam suatu kesatuan yang terdiri atas sejumlah bagian, atribut dari bagian & hubungan antara bagian tersebut dengan atribut.

23. CW Pendeta

Sistem diaturangkat dari berbagai bagian yang dikoordinasikan secara seimbang & harmonis untuk melaksanakan ketercapaiannya sebuah tujuan.

24. Gordon B. Davis

Sistem mengurungkan beberapa bagian dari bagian-bagian yang saling berhubungan satu sama lain yang bekerja sama dalam mencapai sasaran maksud tertentu.

25. Edgar F. Huse & James L. Bowdict

Menurut mereka, sistem ini terdiri dari suatu rangkaian atau rangkaian dari bagian yang berkaitan & berkaitan sehingga interaksi & saling berpengaruh.

26. Davis, G. B

Sistem yang memberikan informasi yang bekerja bersama untuk menyelesaikan dan mencapai target tertentu.

27. KBBI (Kamus Besar Bahasa Indonesia)

  • Perangkat yang secara teratur saling berkaitan sehingga membentuk suatu sistem pencernaan makanan, pernapasan, dan darah di tubuh.
  • Susunan yang teratur dari pandangan, teori, asas, dsb. Contoh: pemerintahan negara (demokrasi, totaliter, parlementer, dsb);
  • Metode. Contoh: pendidikan (klasikal, individual, dsb)

Pengertian Informasi Menurut Para Ahli

20210126 075452 0000

Selain pengertian sistem, disini juga terdapat pengertian informasi, berikut menurut para pakar di artikel Pengertian Sistem, Informasi, dan Sistem Informasi Menurut Para Ahli :

1. Abdul Kadir, McFadden, dkk

Menurut Abdul Kadir dan Mc Fadden, informasi merupakan data yang telah diproses. Pemrosesan data tersebut dilakukan sedemikian rupa sehingga data yang telah diproses tersebut dapat meningkatkan pengetahuan orang yang menerima dan menggunakannya.

2. Anton M. Moeliono

Anton M. Moeliono juga mendefinisikan informasi sebagai data yang telah diproses, namun pemrosesan tersebut dilakukan untuk suatu tujuan tertentu. Selanjutnya  Anton M. Moeliono juga menyatakan bahwa informasi merupakan keterangan, kabar berita, pemberitahuan, penerangan, atau bahan nyata lainnya yang dapat digunakan sebagai bahan kajian analisis untuk mengambil kesimpulan atau keputusan tertentu.

3. Azhar Susanto

Dalam buku Sistem Informasi Akuntansi, Azhar Susanto mendefinisikan informasi sebagai hasil pengolahan data. Data yang dihasilkan tersebut memberikan arti & manfaat tertentu bagi otang yang menerimanya.

4. Barry E. Cushing

Dalam buku Accounting Information System and Business Organization, Barry E. Cushing menyatakan bahwa infromasi merupakan suatu hal yang menunjukkan hasil suatu proses pengolahan data. Hasil pengolahan data tersebut terorganisir dan mempunyai manfaat atau berguna bagi penerimanya.

5. Burch & Strater

Menurut Burch dan Strater, informasi didefinisikan sebagai proses pengumpulan dan pengolahan data yang ditujukan untuk memberikan keterangan atau pengetahuan tertentu mengenai suatu hal.

6. Davis

Davis mengemukakan bahwa informasi adalah data yang telah diolah sehingga mememiliki bentuk yang berarti dan bermanfaat bagi penerimanya. Yaitu untuk dapat digunakan dalam pengambilan keputusan, baik untuk saat ini atau di masa yang akan datang.

7. Firmanzah

Menurut Firmanzah, informasi dapat didefinisikan sebagai data dan angka yang sudah diberi makna dan nilai.

8. George R. Terry, D.

Georgr R. Terry, Ph. D. menyatakan bahwa informasi merupakan data penting, yang dapat memberikan pengetahuan yang berguna atau bermanfaat bagi penerimanya.

9. George H. Bodnar

Menurut George H. Bodnar Informasi dapat diartikan sebagai data yang telah diolah, sehingga data terebut dapat dijadikan sebagai dasar atau bahan pertimbangan dalam mengambil sebuah keputusan yang tepat mengenai suatu hal.

10. Gelinas & Dull

Dalam bukunya, Gelinas dan Dull menyatakan bahwa informasi merupakan data yang disajikan dalam bentuk formulir. Data tersebut memiliki kegunaan dalam pembuatan atau pengambilan keputusan.

11. Gordon B. Davis

Gordon B. Davis juga menyatakan bahwa informasi merupakan data yang telah diolah. Pengolahan tersebut dilakukan agat data tersebut menjadi bentuk yang memiliki arti dan bermanfaat bagi penerimanya, baik untuk pengambilan keputusan di masa ini atau di masa depan.

12. Jogianto HM.

Dalam buku Analisis dan Desain Sistem Informasi Jogianto mengemukakan bahwa informasi merupakan data yang telah diolah kedalam bentuk yang lebih berarti, berguna atau bermanfaat bagi orang yang menerimanya. Hasil pengolahan data tersebut menggambarkan kejadian (event) yang nyata (fact) yang dapat digunakan untuk membuat atau mengambil keputusan.

13. Joner Hasugian

Joner Hasugian mendefinisikan informasi sebagai sebuah konsep, yang bersifat universal dan dalam jumlah muatan yang besar. Konsep ini meliputi banyak hal dalam masing-masing ruang lingkup yang berkaitan, dan terekan dalam sejumlah media.

14. Kenneth C. Laudon

Menurut Kenneth C. Laudon, informasi dapat diartikan sebagai daya yang telah dibentuk menjadi sebuah bentuk yang bermanfaat yang dapat digunakan oleh manusia.

15. Kusrini

Kusrini mendefinisikan informasi sebagai data yang sudah diolah menjadi sebuah bentuk yang berarti bagi orang yang menggunakannya. Hasil pengolahan data tersebut memiliki manfaat dalam pengambilan keputusan atau manfaat untuk mendukung sumber informasi.

Pengertian Sistem Informasi Menurut Para Ahli

20210126 075524 0000

Berikut jika digabungkan dari Pengertian Sistem, Informasi, dan Sistem Informasi Menurut Para Ahli. Berikut terdapat 23 pendapat dari berbagai para ahli di dunia tentang sistem informasi, antara lain:

  • Menurut Robert A. Leitch dan K. Roscoe Davis

Sistem informasi merupakan sistem dalam organisasi yang mempertemukan pengolahan transaksi harian, mendukung operasi, kegiatan manajerial dan strategis dari suatu organisasi serta menyediakan pihak luar dengan laporan-laporan yang diperlukan.


  • Menurut Rommey (1997: 16)

Sistem informasi adalah cara untuk memasukan, mengumpulkan, menyimpan serta mengolah data dan terorganisir dengan cara sebagai mengelola, menyimpan, melaporkan serta mengendalikan informasi dengan cara organisasi agar dapat mencapai tujuan yang telag ditetapkan.


  • Menurut Tafri D. Muhyuzir

Sistem informasi merupakan data yang dukumpulkan, diolah, serta diklassifikasikan dengan sedemikian rupa sehingga menjadi sistem informasi entitas terkait mengandung dan tungagal satu sama lain sehingga akan menjadi sistem informasi berharga bagi mereka yang mengirimnya.


  • Menurut O’Brien

Sistem informasi merupakan sebuah kombinasi dari setiap unit yang dikelola orang (manusia), hardware (perangkat keras, software (perangkat lunak), jaringan komuniakasi data serta komputer, dan database (basis data) yang mengubah, mengumpulkan, serta menebarkan infomasi tentang yang bentuk organisasi.


  • Menurut Mc Leod

Sistem informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber serta memakai berbagai media untuk menampilkan informasi.


  • Menurut Lani Sidharta

Sistem informasi merupakan sistem buatan dari manusia yang berisi serangkaian terpadu komponen – komponen dan manual bagian – komponen terkomputerisasi yang bertujuan untuk mengumpulkan data, mengolah data, dan menghasilkan informasi bagi pengguna.


  • Menurut Leitch Rosses

Sistem informasi express ialah sistem dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengelolah transaksi harian, mendukung kegiatan operasi, manajerial dan strategis dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan-laporan yang diperlukan.


  • Menurut Tata Sutabri, Kom., MM

Sistem informasi merupakan sistem dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian yang mendukung fungsi manajerial organisasi dalam kegiatan organisasi untuk dapat menyediakan kepada pihak luar tertentu dengan laporan yang diperlukan.


  • Menurut Gordon B. Davis (1991: 91)

Sistem informasi merupakan sistem yang menerima input data dan instruksi, mengolah data yang sesuai dengan instruksi serta mengeluarkan hasilnya.


  • Menurut Kertahadi (2007)

Sistem informasi merupakan alat untuk menyajikan informasi sedemikian rupa dan memiliki manfaat untuk penggunanya. Tujuannya ialah untuk memberikan informasi dalam perencanaan, memulai, pengorganisasian sebuah perusahaan yang melayani sinergi organisasi dalam proses mengendalikan pengambilan keputusan.


  • Menurut Erwan Arbie

Sistem informasi merupakan sistem dalam organisasi yang mempertemukan kebutuhan pengolahan transaksi harian, bantuan dan dukungan operasi, bersifat manajerial dari suatu organisasi dan membantu memfasilitasi penyediaan laporan yang diperlukan.


  • Menurut John F. Nash (1995: 8)

Sistem informasi merupakan sebuah kombinasi dari manusia, teknologi, media, prosedur serta pengendalian yang ditujukan untuk mengatur jaringan komunikasi, proses transaksi tertentu, membantu manajemen dan menyediakan dasar untuk pengambilan keputusan yang tepat.


  • Menurut Alter

Sistem informasi sebagai tipe khusus dari sistem kerja. Sistem kerja merupakan sistem dimana manusia atau/dan mesin melakukan suatu pekerjaan dengan memakai sumber daya untuk menghasilkan produk tertentu dan/atau jasa untuk pelanggan. Sistem informasi merupakan sistem kerja yang kegitannya dimaksudkan untuk pengolahan (transmisi, menangkap, menyimpan, memanipulasi, mengambil, serta menampilkan) informasi.


  • Menurut Yakub

Sistem informasi merupakan sebuah susunan yang terdiri dari beberapa komponen atau elemen. Komponen sistem informasi disebut dengan istilah blok bangunan.


  • Menurut O’brian dalam Yakub (2012:16)

“Sistem informasi (information system) adalah kombinasi teratur dari orang-orang, perangkat keras (hardware), perangkat lunak (software), jaringan komunikasi, dan sumber daya data yang mengumpulkan, mengubah, dan menyebarkan informasi dalam sebuah organisasi”.


  • Menurut Agus Mulyanto

“Sistem informasi sebagai suatu komponen yang terdiri dari manusia, teknologi informasi, dan prosedur kerja yang memproses, menyimpan, menganalisis, dan menyebarkan informasi untuk mencapai suatu tujuan”.


  • Menurut Hanif Al Fatta

Sistem informasi merupakan suatu perkumpulan data yang terorganisasi beserta tatacara penggunaanya yang mencangkup lebih jauh dari pada sekedar penyajian. Istilah tersebut menyir atkan suatu maksud yang ingin dicapai dengan jalan memilih dan mengatur data serta menyusun tatacara penggunaanya.


  • Menurut Burch dan Grudnitski

Mengemukakan bahwa sistem informasi terdiri dari komponen-komponen yang disebutnya sebagai blok pembangunan (building block). Blok pembangunan ini kemudian dibagi menjadi: blok input, blok model, blok output, blok teknologi, blok basis data, dan blok kendali.


  • Menurut Keneth C Laudon and Jane P Laudin

Sistem Informasi adalah serangkaian komponen yang saling berhubungan yang mengumpulkan (atau mendapatkan), memproses, menyimpan dan mendistribusikan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengawasan di dalam sebuah organisasi.


  • Menurut Raymond Mcleod (2008)

Sistem Informasi merupakan sistem yang mempunyai kemampuan untuk mengumpulkan informasi dari semua sumber dan menggunakan berbagai media untuk menampilkan informasi.


  • Menurut James A O’Brien and George M Marakas (2016)

Sistem informasi adalah kombinasi terorganisasi apapun dari manusia, perangkat keras, perangkat lunak, jaringan komunikasi, sumber data dan kebijakan serta prosedur yang terorganisasi yang menyimpan, mengambil, mengubah, dan memisahkan informasi dalam sebuah organisasi.


  • Menurut Henry Lucas

Sistem informasi menurut Henry Lucas adalah suatu kegiatan dari prosedur-prosedur yang diorganisasikan, apabila dieksekusi akan menyediakan informasi untuk mendukung pengambilan keputusan dan pengendalian di dalam.


  • Menurut Gelinas dan Dull

”Sistem informasi adalah sistem buatan manusia yang pada umumnya terdiri dari sekumpulan komponen berbasis komputer yang terintegrasi dan komponen manual yang dibangun untuk mengumpulkan, menyimpan, dan mengelola data serta menyediakan output informasi kepada pengguna”.

Baca Juga : 3 cara membuka web yang di blokir dengan mudah/

Akhir Kata

Diatas adalah Pengertian Sistem, Informasi, dan Sistem Informasi Menurut Para Ahli yang bisa sobat simak untuk menjadi bekal di penulisan skripsi bab landasan teori. Disitu terdapat puluhan pengertian menurut pakar.

Okedeh, semoga sobat sukses terus dan artikel pengertian sistem, informasi, dan sistem inormasi menurut para ahli menjadi bermanfaat!

Terakhir diperbaharui pada Januari 26, 2021 by Indra Maulana

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *